Apa Itu RAPID TEST VIRUS CORONA ? Bagiamana Cara Kerja nya ? apakah Efektif deteksi VIRUS ?



Alhamdulillah dipercaya menjadi Narasumber dalam segmen prime time, Apa Kabar Indonesia Malam TV ONE (21/3/2020), bersama Guru dan Senior yang saling melengkapi informasi satu sama lain, sesuai dengan kompetensi, dalam suasana saling menghormati, dalam topik: BERSAMA KITA MELAWAN CORONA.

Prof Amin Soebandrio, Sp.MK dan Prof Faisal Yunus, Sp.P. beliau berdua, terutama Prof Amin bertahun-tahun mengenal saya dengan sangat baik, terutama ketika saya menjadi salah satu yang dipercaya beliau, membangun kembali Medical Research Unit (MRU) Universitas Indonesia, di bawah kepemimpinan beliau, dan ketika saya menjadi Direktur Eksekutif CEEBM FKUI/RSCM.

Mudah-mudahan masukan dan pertimbangan yang kami sampaikan, terkait dengan rencana Pengadaan RAPID TEST untuk screening (deteksi dini) COVID 19, bisa disampaikan kepada Bapak Presiden RI, melalui Staf Ahli beliau, DR. Ali Mochtar Ngabalin.

Agar RAPID TEST yang dimaksud:

1. Sudah dilakukan Uji Klinis dan memiliki nilai SENSITIVITAS dan SPESIVITASA tinggi sehingga betul-betul bisa menyingkirkan kasus negatif dan membantu menapis kemungkinan kasus positif.

2. RAPID Test yang dipilih untuk dibeli, harus jelas kualitasnya, bukan barang abal-abal yang tidak bermanfaat untuk dibeli.

3. RAPID TEST bukan pengganti PCR, yang merupakan Alat Diagnostik yang direkomendasikan WHO. Rapid Test adalah Alat Screening, sedangkan PCR adalah Alat Diagnostik, untuk menegakkan diagnosis COVID 19.

4. RAPID TEST adalah alat yang membantu mempercepat proses TRACING, yaitu menapis kasus negatif dan menemukan suspect positif, untuk mempercepat perolehan data kasus positif dan negatif berdasarkan orang-orang yang memiliki riwayat kontak dengan pasien positif COVID 19.

Demikian resume singkat pemaparan diskusi malam ini.

dr. Tifauzia Tyassuma
Dokter, Peneliti, Penulis
Presiden AHLINA Insitute


Wajib Tahu! Ternyata Inilah Perbedaan Metode Rapid Test dan PCR | AKIM tvOne








Prof. Amin: Rapid Test Bukan Mensuspect Pasien, Tapi.. | AKIM tvOne








Bagaimana cara kerja rapid test corona?


Sebelum masuk ke rapid test, perlu diketahui seperti apa tes untuk mendeteksi virus corona secara umum.Petugas medis akan mengambil sampel dari hidung atau dahak, atau yang sering disebut dengan tes swab, melihat kecocokan kode genetik dengan COVID-19.
Hasil tes akan dibawa ke laboraturium dan akan ditandaklanjuti dengan uji polymerase chain reaction atau PCR. Sebelum dimasukkan ke mesin PCR, sampel tersebut akan diekstrak material genetiknya.
Teknik PCR ini digunakan untuk melihat material genetik agar virus mudah dideteksi.
Michael Harrison ahli Patologi dari Sullivan Nicolaides mengatakan, proses ekstraksi hingga hasil tes selesai biasanya memerlukan waktu enam jam. Direktur Doherty Institute, Prof. Sharon Lewis, menyatakan teknik PCR ini juga digunakan untuk virus yang menyebabkan influenza, HIV dan Hepatitis C.
Bahan-bahan yang diperlukan untuk mengetes penyakit COVID-19 sebenarnya juga dilakukan untuk tes virus lainnya. Tapi, ada satu elemen yang disebut “primer” atau “hook”, untuk mencocokkan material genetik dengan virus novel corona, hanya ada di tes tersebut.
Selain tes swab tenggorokan, petugas medis juga akan melakukan tes darah, yang bisa mendeteksi apakah sebelumnya orang tersebut sudah terkena virus.
Tes tersebut dapat melihat apakah orang tersebut sudah mengembangkan kekebalan tubuh.
Berapa lama hasil tes keluar?
Di Australia, perlu waktu hingga 48 jam sejak pasien pertama kali diperiksa, membawa tes ke laboraturium hingga pasien bisa mengetahui hasil tesnya. Untuk beberapa kasus, salah satunya di negara bagian Victoria, Australia, pasien diminta menunggu 48 hingga 72 jam untuk mengetahui hasil tes.

Bagaimana dengan tes virus corona yang hanya dalam hitungan menit?

Dr. Gaetan Burgio dari John Curtis School of Medical Research, Australian National University, mengatakan seberapa cepat sebuah tes virus bergantung pada teknologi yang digunakan, ketersediaan reagen, jumlah petugas dan protokol yang digunakan untuk tes.Tapi, dia berpendapat kecepatan sangat penting ketika dilanda pandemik. Jika hasil tes keluar lebih cepat, pasien bisa segera diisolasi atau dikarantina.
Para ahli menilai ada kemungkinan hasil tes yang dilakukan dalam belasan menit kurang akurat dibandingkan dengan tes PCR di laboratorium. Selain melihat virus, tes PCR juga dilakukan untuk melihat antibodi.(ant/tin)




 😉 Like & Follow  juga channel Kami  

- Facebook  @Tahukahanda.info 
Telegram  @AyoJalanTerus
- Twitter  @TahukahKamuInfo
_____________________________________

📢  Sumber https://www.suarasurabaya.net/kelanakota/2020/cara-kerja-rapid-test-corona/




😉 Terima Kasih Sudah Membaca ✔️ Apa Itu RAPID TEST VIRUS CORONA ? Bagiamana Cara Kerja nya ? apakah Efektif deteksi VIRUS ?

Artikel Terkait Lainnya

Membuka Mata - Melihat Dunia



Back to Top
  PERKEMBANGAN    COVID-19  

Subscribe | Daftarkan Email Kamu disini